Siswa Inklusi pun Mengikuti Pawai Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah

Siswa Inklusi pun Mengikuti Pawai Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah

Oleh: Gita Amalia Fitri

Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1441 H, siswa SDIT Wirausaha Indonesia (SWI) mengadakan pawai keliling. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SWI mulai dari kelas 1-6, baik siswa pada umumnya maupun siswa inklusi. Mereka dengan bersemangat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Anak inklusi merupakan anak berkebutuhan khusus, nah di SWI ini terdapat beberapa siswa inklusi. Walau berbeda dengan siswa-siswi pada umumnya, hal ini tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap berpartisipasi dalam berbagai kegiatan termasuk pawai ini. Mereka di dampingi oleh para guru pendamping, sehingga mereka selalu dalam pengawasan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Beberapa minggu sebelumnya mereka ikut serta dalam pembuatan kreasi untuk atribut pawai. Berbagai macam bentuk kreasi yang dihasilkan oleh mereka dengan dibantu guru nya masing-masing. Hal ini selain bermanfaat untuk mengasah kreatifitas mereka, juga melatih psikomotorik mereka.

Adapun rangkaian kegiatan dimulai dengan baris-berbaris untuk persiapan pawai. Setelah itu mereka di arahkan untuk memulai kegiatan pawai tersebut. Rute pawai dari halaman gedung SWI sampai ke jalan utama perumahan yang dimulai pukul 07:00 s/d pukul 09:00.

Semua siswa SWI sangat antusias mengikuti kegiatan pawai ini, dengan semangat dan wajah ceria mereka melangkahkan kaki dan melantunkan sholawat, begitupun dengan 8 anak inklusi, keceriaan juga mewarnai wajah kedelapan anak inklusi saat di perjalanan. 

Selepas kegiatan pawai ini, siswa diminta beristirahat sejenak untuk makan makanan ringan yang telah disediakan oleh sekolah, kemudian dilanjutkan dengan sholat dhuha berjamaah. “Ustadzah Gita, aku sangat senang ikut pawai ustadzah”. sahut Fahri, salah satu anak inklusi, usai pawai.

Baca juga: Tips memilih sekolah keren