Menjalin Keakraban dengan Orang Tua Siswa Inklusi

Menjalin Keakraban dengan Orang Tua Siswa Inklusi

Oleh: Nur Komariah, S.Pd.I., MM.

SWI.sch.id – Bagaimana membangun keakraban dengan para orang tua siswa? Salah satu cara yang dilakukan oleh SDIT Wirausaha Indonesia adalah dengan melakukan pertemuan secara rutin antara pihak sekolah dengan para orang tua siswa pada Rabu (8/1/19). Khususnya dalam hal ini adalah dengan orang tua siswa berkebutuhan khusus atau inklusi.

Pertemuan antara kepala SWI Islamic School dengan para orang tua siswa inklusi berlangsung akrab dan dalam suasana kekeluargaan. Pertemuan ini biasanya dilakukan secara periodik.

Kami berbincang akrab membahas berbagai topik, mulai dari sistem pendidikan untuk siswa inklusi yang berlaku di sekolah, tips dan trik mendampingi anak inklusi dalam belajar di rumah dan banyak lainnya. Pertemuan ini sangat baik sekali dan perlu dilakukan secara rutin agar ada pemahaman yang baik dan persepsi yang sama antara orang tua dengan sekolah.

“Karena bagaimanapun keberhasilan pendidikan terletak pada adanya kerjasama yang erat antara sekolah dan orang tua. Kedua belah pihak inilah yang memiliki kontribusi signifikan dalam keberhasilan pendidikan khususnya siswa inklusi”, pungkas kepala SWI.

Baca juga: Pembelajaran Siswa Inklusi di SDIT Wirausaha Indonesia