Tanamkan Kedisiplinan Melalui Media Jam Kedatangan Siswa

Tanamkan Kedisiplinan Melalui Media Jam Kedatangan Siswa

Oleh: Restu Kurniati, S.Pd

SWI.sch.id – Pembelajaran siswa SDIT Wirausaha Indonesia kelas 2 Umar kali ini mencoba menanamkan kedisiplinan bagi siswa-siswinya melalui model jam dinding tiruan yang dibuat di ruang kelas 2 Umar pada Selasa (10/12/19) pagi.

Siswa sedang berkreasi model jam dinding tiruan

Beberapa waktu yang lalu, SWI Islamic School menyelenggarakan kegiatan program Rapat Kerja Guru yang memutuskan untuk segera membuat jam kedatangan siswa dan supaya terpasang di dinding masing-masing kelas.

Untuk mempermudah berjalannya program kedisiplinan, siswa SWI hari ini membuat muka jam tiruan dengan menggunakan bahan kertas, dan spidol untuk menulisi lambang bilangannya. Agar tampilan menarik, mereka mewarnai pada muka jam tersebut dengan crayon lalu menambahkan jarum jamnya.

“Dari kegiatan praktik ini, saya bisa mulai mengajarkan jam pada posisi tepat pukul “1” , pukul “2” dan seterusnya dengan memposisikan jarum panjang di angka “12”, lalu memberi penjelasan tentang waktu lebih dari 30 menit yaitu menaruh jarum panjang di angka 6 dan seterusnya,”ungkap Ustadzah Restu selaku wali kelas 2.

Hasil kreasi siswa

Nah, setelah semua siswa mengumpulkan semuanya, guru meminta siswa utk mengatur posisi jarum panjang dan pendek di muka jam tiruan saat kedatangan ke sekolah. Hal ini bermanfaat untuk melatih kedisiplinan siswa agar lebih memperhatikan waktu kedatangan ke sekolah.

Baca juga: Tanamkan Minat Baca, SDIT Wirausaha Indonesia Selenggarakan Pojok Baca