Siswa Kelas 2 Mendaur Ulang Kardus Menjadi Frame Foto

Siswa Kelas 2 Mendaur Ulang Kardus Menjadi Frame Foto

Oleh: Restu Kurniati, S.Pd

SWI.sch.id – Siswa SDIT Wirausaha Indonesia hari ini mengadakan kegiatan praktik yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 2 Umar pada Kamis (4/12/19) pagi.

Siswa-siswi kelas 2 SWI Islamic School sedang berlatih mendaur ulang kardus yang sudah tak terpakai menjadi hasil karya tepat guna yang bertajuk pada materi pembelajaran Tematik Seni Budaya dan Prakarya dengan tema Daur Ulang Kardus Menjadi Frame Foto.

Ustadzah Restu selaku wali kelas 2 menuturkan, sebelumnya siswa-siswi diberi dorongan berupa ide-ide untuk mengolah kembali barang bekas untuk dikreasikan menjadi sesuatu yang berguna.

“Setelah mengkreasikan hasil karya mereka, kali ini kami memberi kesempatan kepada para siswa untuk menunjukkan karyanya di pojok karya yang ada di kelas. Hal ini bertujuan untuk menambah motivasi┬ádan menjadi inspirasi bagi teman-temannya terhadap hasil karya mereka, ungkap ustadzah Restu.

Dengan didampingi guru pendamping di kelasnya, ustadzah Restu merinci langkah-langkah bagaimana cara membuat frame foto dengan bahan dasar kardus dan alat-alatnya seperti gunting, lem, double tape dan tak lupa siswa juga perlu menambahkan asesoris sebagai hiasan di karya mereka seperti bunga dan pita dari kertas origami yang telah dibentuk.

Kepala SWI menambahkan, secara umum manfaat dari adanya kegiatan praktik ini adalah sebagai bentuk mengekspresikan diri bagi siswa dalam mengolah barang bekas menjadi barang yang berguna secara kreatif serta meningkatkan jiwa kemandirian serta belajar berpikir kritis di zaman penuh persaingan pada era globalisasi ini.

Baca juga: SDIT Wirausaha Indonesia Ikut Meriahkan Hari Krida Pertanian ke-47