Belajar Disiplin dengan Mengikuti Ekskul Pramuka

Belajar Disiplin dengan Mengikuti Ekskul Pramuka

Oleh: Jamal Ardianto

SWI.sch.id – Salah satu kegiatan ekskul yang sangat berpengaruh atas kepribadian siswa adalah Pramuka. Kegiatan ekskul pramuka selain mengajarkan materi sejarah Pramuka, siswa/i juga diberikan pemahaman dasar dan pengetahuan baris-berbaris.

Belajar sejarah Pramuka sebelum keluar kelas

Seluruh siswa/i SDIT Wirausaha Indonesia kelas 4 Ali sedang melakukan latihan baris-berbaris yang dibina oleh kakak pembina Pramuka pada Jumat (22/11/2019) sore.

Banyak cara pembekalan ilmu mandiri yang ditanamkan kepada siswa/i SWI Islamic School ini. Salah satunya dengan adanya pelajaran ekstrakurikuler. Beberapa jenis pelajaran ekskul yang ada, misalnya mentoring, bimbel, jarimatika, taekwondo, tahfidz Al-Qur’an dan lain-lain yang diikuti oleh semua siswa baik yang wajib maupun pilihan.

“Semua anggota Pramuka begitu semangat mengikuti gerak dasar latihan Pramuka.” Ujar Nay kakak pembina Pramuka.

Kakak pembina bersemangan memberikan pemahaman kepada adik-adiknya

Sekolah yang dikenal dengan nama SWI selain fokus memberikan pembekalan pengetahuan dasar agama islam, memberikan pembelajaran agar setiap siswa menjadi anak yang berani dan punya kepribadian untuk persiapan disaat mereka beranjak dewasa.

Pemberian materi sejarah Pramuka dan pembekalan akan pentingnya kedisiplinan terhadap diri sendiri dengan cara mengimbangi anggota Pramuka melalui belajar bermacam gerak PBB dasar. Ini adalah bentuk dari tanggung jawab dari sekolah terhadap persiapan siswanya melalui bimbingan dasar pramuka.

Baca juga: Penggalangan Dana untuk Cinta dan Solidaritas Palestina

WhatsApp WhatsApp kami