Asiknya Meronce dengan Manik-Manik

Asiknya Meronce dengan Manik-Manik

Oleh: Eva Syarifah Alawiyah, S.Pd.I

SWI.sch.id – Hari ini siswa Kelas 1 Salman SDIT Wirausaha Indonesia sedang membuat sebuah karya seni meronce dari manik-manik di ruang kelas pada Jumat (23/11/2019) pagi. Siswa fokus memperhatikan panduan dari ustadzah Eva.

Siswa sedang asyik meronce

Pembuatan karya seni meronce dari manik-manik ini merupakan salah satu materi dalam pembelajaran tematik 4, khususnya pada pelajaran SBdP. Salah satu tujuan kegiatan meronce adalah siswa dapat melatih motorik halusnya dan melatih konsentrasinya.

Bahan-bahan yang digunakan yaitu: benang rajut, manik-manik aneka warna dan bentuk yang berbeda dan jarum.

Langkah-langkah dalam pembuatannya adalah sebagai berikut: 1. Masukkan benang ke dalam lubang jarum dengan hati-hati, 2. Masukan manik-manik satu per satu, 3. Ukurlah lingkar lenganmu, 4. Bentuklah manik-manik itu seperti gelang, 5. Pakailah gelang dari manik-manik.

Dibawah bimbingan ustzh Eva siswa belajar meronce dengan telaten

Walaupun cukup lama untuk memasukan manik-manik ke dalam jarum, siswa-siswi SWI Islamic School tetap sangat antusias dan fokus saat memasukan manik-manik ke dalam jarum dengan penuh hati-hati. Sampai pada waktu istirahat, mereka seakan tak peduli karena masih fokus menyelesaikan karya meroncenya.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kerja sama antar siswa dan melatih konsentrasi siswa. Dengan meronce juga menstimulus motorik halus siswa dan siswi. Hasil dari meronce berupa gelang dan kalung tak kalah bagusnya dengan yang dijual di toko-toko aksesoris. Selain itu juga mengajarkan siswa untuk berproduksi sejak dini .

Setelah kegiatan meronce selesai, mereka begitu bahagia dan senang sekali dengan apa yang mereka hasilkan sendiri berupa gelang dan kalung dari manik-manik yang cantik .Sesuai motto SWI yaitu Mandiri, Kreatif dan Inovatif.

Baca juga: Belajar Disiplin dengan Mengikuti Ekskul Pramuka

WhatsApp WhatsApp kami