Membangun Budaya Membaca di SDIT Wirausaha Indonesia

Membangun Budaya Membaca di SDIT Wirausaha Indonesia

Oleh: Iyus Triyanti, S.Pd

SWI.sch.id – Saat ini SDIT Wirausaha Indonesia sedang menggalakkan budaya membaca bagi siswa/i nya. Termasuk untuk siswa kelas 3 Utsman. Salah satu sarana yang dipersiapkan adalah membuat pojok baca, pohon literasi dan perpustakaan mini di dalam kelas. Kami sedang mempersiapkan semuanya pada hari Jumat (15/11/2019).

Perpustakaan mini kelas 3 Utsman

Perpustakaan mini dan pojok baca dilengkapi dengan bermacam buku mulai dari buku tentang dongeng, komik dan buku ilmu pengetahuan.

Siswa-siswi SWI Islamic School berpartisipasi mensukseskan program ini dengan membawa berbagai judul buku untuk melengkapi perpustakaan mini di kelas.

Program budaya baca selain bertujuan menciptakan duta bahasa, program ini pun bermanfa’at karena siswa bisa mengisi waktu luangnya saat jam istirahat untuk membaca buku. Siswa menjadi lebih tertib dan tenang.

Pojok baca

Betapa senangnya siswa-siswi SWI kelas 3 dengan adanya pojok baca di kelas, sehingga mereka bergiliran mengikuti jadwal dalam menjaga kerapihan dan kebersihan, khususnya di area pojok baca agar selalu rapih bersih sehingga mereka bisa baca dengan nyaman.

“Sekarang aku lebih semangat kalau berangkat ke sekolah, karena di kelas sudah ada pojok baca yg di lengkapi perpustakaan mini, dan kalau aku rajin membaca wawasanku jadi lebih luas.” Ujar Chellomita siswi SWI kelas 3.

Baca juga: Praktik Pembelajaran dengan Metode Bermain di Kelas II

WhatsApp WhatsApp kami