Membuat Kreasi Mozaik Kolase Foto dari Kacang Ijo

Membuat Kreasi Mozaik Kolase Foto dari Kacang Ijo

Oleh: Jamal Ardianto

SWI.sch.id – Cara untuk membangun kreatifitas siswa SDIT Wirausaha Indonesia khususnya siswa kelas 1 Alghifari kali ini adalah dengan membuat karya mosaik kolase foto.

Bersama guru kelas 1 Alghifari, ust. Jamal Ardianto

Tahap pertama, guru memberikan penjelasan kepada siswa mengenai cara membuat kolase yang berbahan foto berukuran 4R dan kacang ijo. Tahap berikutnya adalah, dengan penuh semangat siswa menyiapkan semua alat yang dibutuhkan, yaitu gunting, lem dan pensil.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa/i SWI kelas 1 Alghifari ini dilaksanakan pada hari Jumat (18/10/2019) pagi. Banyak cara pembekalan ilmu mandiri yang ditanamkan oleh siswa/i ini, salah satunya dengan membuat karya mosaik kolase foto.

Membuat prakarya

Selain mereka dapat memahami materi pelajaran SBdP yang ada dibuku tematik tema 3, siswa juga mampu mengaplikasikannya ke dalam bentuk kerajinan tangan yang kreatif dan indah.

Sekolah yang dikenal dengan nama SWI Islamic School ini selain fokus memberikan pembekalan pengetahuan dasar agama Islam juga berikhtiar untuk membentuk karakter percaya diri dan terampil dalam bidang seni untuk siswa.

Tujuan dari pembuatan mosaik kolase foto ini adalah untuk melatih kreatifitas setiap siswa dalam  menuangkan semua kemampuan yang mereka bisa,dan dengan begitu mereka diharapakan akan  mudah memahami materi pembelajaran ketika dituangkan langsung ke dalam bentuk kerajinan tangan.

“Salah satu cara membaca karakter anak anak, karena dengan mereka membuat karya seperti ini, secara tidak langsung kita bisa mengetahui tipe dan karakter anak ini seperti apa”. Ujar ustad Jamal wali kelas 1 Alghifari. 

Baca juga: Apa yang menjadi pertimbangan para orang tua dalam memilih sekolah?