Membangun Kreatifitas dengan Plastisin

Membangun Kreatifitas dengan Plastisin

Oleh: Restu Kurniati, S.Pd

SWI.sch.id – Kreatifitas siswa SDIT Wirausaha Indonesia kali ini terasa lebih menyenangkan karena mengusung tema Karya Seni 3 Dimensi pada hari Jumat (25/10/19) pagi.

Kompetensi Dasar yang akan dicapai adalah mengenal ciri-ciri bangun ruang dan membuat karya 3 dimensi yang diintegrasikan dari pembelajaran tematik muatan Matematika dan SBdP.

Suasana praktik dengan Plastisin

Dalam praktik benda karya 3 dimensi, hari ini siswa SWI Islamic School kelas 2 Umar oleh bimbingan ustadzah Restu, membuat mobil-mobilan atau kotak kado dengan mengaplikasikan plastisin yang berwarna-warni.

Langkah pertama, guru menjelaskan bahwa pengertian karya seni 3 dimensi adalah karya seni yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi. Lalu siswa diberikan contoh bangun ruang yang dibuat dengan menggunakan plastisin agar praktis dan tidak kotor. Kedua, siswa langsung membuat karya 3 dimensi dengan benda tersebut.

Hasil karya siswa Plastisin

“Saat membuat karya dari plastisin, siswa-siswi merasa amat riang karena mereka dibebaskan se kreatif mungkin dalam praktik,” ujar ustadzah Restu. “Siswa dibebaskan membuat karya sesuai dengan keinginan, sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas mereka, ” tambahnya.

Ketua Yayasan Sekolah Wirausaha Indonesia berharap dengan adanya kreatifitas membuat karya dari plastisin ini dapat menambah pengetahuan yang menyenangkan bagi siswa dan yang paling penting adalah terbangunnya jiwa kreatif dalam diri siswa.

Baca juga: Apa yang menjadi pertimbangan para orang tua dalam memilih sekolah?