Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Sebelum Pembelajaran

Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Sebelum Pembelajaran

Oleh: Muhamad Zulkarnain, S.Pd.I

SWI.sch.id – Setiap pagi sebelum memulai aktivitas belajar mengajar, siswa kelas 4 SDIT Wirausaha Indonesia rutin melaksanakan tadarus bersama dan melantunkan Asmaul Husna di ruang kelas 4  Bilal.

Kegiatan ini merupakan agenda pembiasaan dalam pembentukan karakter, sehingga menjadi budaya yang sudah melekat di SWI Islamic School.

Wali kelas 4 Bilal, Muhamad Zulkarnain, S.Pd.I menuturkan bahwa kegiatan pembiasaan ini sudah diterapkan sejak kelas 1. Salah satu tujuannya adalah agar nilai-nilai religi dapat tertanam dengan baik. Sehingga terbentuk kebiasaan yang melekat pada karakter siswa.

“Setelah tadarus, dilanjut dengan shalat dhuha bersama. Kalau itu sudah terbiasa insya Allah jadi biasa mereka lakukan,” imbuhnya pada hari Rabu (9/10/19). Bukan hanya itu pembiasaan ini diadakan sebagai pembekalan dalam membentuk karakter siswa yang kuat dan berakhlakul karimah. Bahkan seperti yang diakuinya, para orangtua siswa menyampaikan apresiasi positifnya terhadap pembiasaan rutin ini di sekolah.

Suasana Tilawah Al-Quran

Diharapkan ke depannya jika pembiasaan tersebut sudah melekat, maka karakter yang terbentuk sudah tertanam kuat. Para orangtua juga menilai ada kemajuan dari pembiasaan itu, dahulu jarang membaca Al-Qur’an di rumah, tapi kali ini siswa rajin membaca Al-Qur’an ketika di rumah. 
Edgar siswa SWI kelas 4 mengatakan, “Setelah membaca Al-Qur’an hati jadi tenang ustadz dan semangat belajar semakin meningkat”.   

WhatsApp WhatsApp kami