Metode Pencarian Data dengan Melakukan Survei

Metode Pencarian Data dengan Melakukan Survei

Oleh: Siti Hodijah, S.Kom

SWI.sch.id – Pada bulan Oktober ini seluruh siswa SDIT Wirausaha Indonesia sedang mempelajari tematik tema 3. Di kelas 5 sendiri tematik tema 3 berjudul Makanan Sehat sudah sampai pada subtema 3 pembelajaran 5. Ada yg menarik pada pembelajaran hari Senin (07/10/19) sebagai nilai keterampilan (KI-4) siswa kelas 5 melakukan kegiatan survei tentang gangguan dan penyakit sistem pencernaan manusia sebagai respondennya adalah para guru.

Susarana Survey

Survei merupakan salah satu metode pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada responden. Responden sendiri diartikan sebagai orang atau individu yang diberi pertanyaan dalam sebuah survei. Responden menjadi sumber data primer dalam survei. Sementara orang yang melakukan survei dinamakan pensurvei.

Pada survei ini, siswa SWI Islamic School mengajukan beberapa pertanyaan seputar gangguan dan penyakit sistem pencernaan yang pernah di derita oleh para guru, gejala yang dialami, faktor penyebab gangguan dan penyakit tersebut, tindakan yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut, serta frekuensi responden mengalami gangguan dan penyakit sistem pencernaan.

Kegiatan ini selain untuk mendapatkan nilai, juga dapat dijadikan sebagai pengalaman menarik bagi siswa SWI karena dapat tampil percaya diri. Berbekal data survei tersebut bisa memberikan solusi bagi orang-orang di sekitar saat terjadi gangguan dan penyakit sistem pencernaan yang sama dialami oleh para responden

WhatsApp WhatsApp kami