Membangun Rasa Kebersamaan Siswa SWI di Waktu Istirahat

Membangun Rasa Kebersamaan Siswa SWI di Waktu Istirahat

Oleh: Rika Noviana

SWI.sch.id – Rasa kebersamaan antar siswa dan siswi harus dibangun kapan saja. Selain ketika pembelajaran aktif, siswa juga bisa ditanamkan rasa kebersamaan ketika ada momen istirahat.

Jam istirahat di SDIT Wirausaha Indonesia dilakukan dua gelombang, yaitu pukul 09.30-10.00 dan pukul 10.00-10.30.

Suasana Istirahat Siswa

Sebagaimana hari ini Selasa (1/10/19) siswa SWI Islamic School sedang melakukan aktifitas istirahat, stelah mengikuti serangkaian kegiatan belajar mengajar. Mereka tidak saja menikmati jajanan, baik yang dibawa dari rumah maupun yang dibeli di kantin sekolah, mereka juga bercengkeramah, bergurau dan ada juga yang saling tukar jajanan dengan teman-temannya.

Dalam hal makan dan minum di sekolah siswa diajarkan mengenai tata cara, adab atau etika sebelum makan dan sesudah makan. Sebelum makan mereka harus duduk dengan rapih, tidak gaduh dan selalu membaca doa sebelum makan. Sesudah makan, setelah berdoa mereka meninggalkan tempat istirahatnya harus dalam keadaan bersih seperti sediakala. Membuang sampah pada tempatnya. Terkadang mereka harus menyapu dan mengepel jika ada kotor atau sesuatu tertumpah di sekitar tempat mereka makan dan minum jajanan.

Sekalipun di sekolah sudah ada karyawan bagian kebersihan, tetap saja siswa SWI harus diajarkan mengenai tanggung jawab memelihara kebersihan sekolah dan lingkungannya. Sebagaimana ungkapan yang baik, “Kebersihan sebagian dari Iman”.

Demikianlah dalam setiap kesempatan, siswa harus selalu mendapatkan pembelajaran sesuai dengan syariah Islam. Bukan saja ketika di kelas, di luar kelas pun siswa akan tetap mendapatkan pelajaran yang baik.

WhatsApp WhatsApp kami