Membentuk Karakter Siswa Melalui Upacara Bendera

Membentuk Karakter Siswa Melalui Upacara Bendera

Oleh: Enny Airudayanti, A.Md

SWI.sch.id – Umumnya setiap lembaga pendidikan terutama sekolah-sekolah melaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari Senin sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Termasuk di SDIT Wirausaha Indonesia. Upacara Bendera sudah menjadi agenda kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Senin.

Hari ini Senin (30/9/19) sebagaimana biasa SWI Islamic School melaksanakan Upacara Bendera. Hari ini kebetulan kelas 3 dan kelas 4 yang mendapat giliran untuk menjadi petugas upacara. Pada hari ini, mereka bertugas sebagai pembaca tata upacara bendera, pengatur upacara, pemimpin upacara, pembawa teks Pancasila, pengibar bendera, pembaca UUD 1945, pembaca doa dan dirigen. Sedangkan siswa yang hari ini tidak mendapatkan tugas-tugas tersebut, bertugas sebagai tim paduan suara.

Suasana Upacara Bendera

Peserta didik diajak untuk mengingat dan menghayati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan serta mendoakan mereka yang telah mengorbankan jiwa, raga dan harta dengan mengheningkan cipta, diiringi lagu Nasional Gugur Bunga yang dinyanyikan oleh Guru SWI. Dengan demikian para peserta didik dapat meneladani jiwa patriotisme para pejuang dan kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara akan semakin tumbuh dan kuat.

Tidak lupa amanat yang disampaikan oleh Kepala SDIT Wirausaha Indonesia, yakni Ustadzah Nur Komariah, S.Pd.I, MM, yang mengatakan bahwa siswa agar meneladani sikap para pahlawan yang rela berjuang untuk kemerdekaan, yang muda menghormati yang tua, yang tua menyayangi yang muda”.

WhatsApp WhatsApp kami