Kegiatan Penjaminan Mutu Sekolah oleh Pengawas Bina

Kegiatan Penjaminan Mutu Sekolah oleh Pengawas Bina

Oleh: Nur Komariah, S.Pd.I, MM

SWI.sch.id – Dalam rangka menjamin mutu sekolah, pemerintah mengadakan pengawasan secara rutin dan teratur. Kegiatan pengawasan ini dilakukan oleh Pengawas Bina yang ditugaskan berkunjung ke sekolah-sekolah yang menjadi binaannya.

Hari ini Rabu (18/9/19) SDIT Wirausaha Indonesia kedatangan tamu kehormatan yaitu pejabat pengawas dalam hal ini bapak Jumono, S.Pd, MM dan ibu Hj. Teti Rohati, S.Pd, MM. Beliau datang ke sekolah kami untuk melakukan monitoring pengisian PMP atau penjaminan mutu pendidikan yang harus dilakukan oleh setiap sekolah.

Pengertian dari sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Dasar dan Menengah secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri. Dalam hal ini SWI Islamic School sangat berkepentingan untuk menjaga sistem mutu internal sekolah.

Fungsi dari kegiatan ini adalah sebagai pengendali penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu.

Alhamdulillah kegiatan pengawasan oleh pejabat pengawas bina di SWI dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi berjalan sebagaimana yang diharapkan.