Peningkatan Mutu Guru SDIT Wirausaha Indonesia melalui Implementasi Metode Ummi

Peningkatan Mutu Guru SDIT Wirausaha Indonesia melalui Implementasi Metode Ummi

Oleh: Restu Kurniati, S.Pd

SDIT Wirausaha Indonesia mengikutsertakan sejumlah guru dalam rangka meningkatkan mutu tenaga pendidik khususnya dalam hal Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi yang diselenggarakan di salah satu sekolah di Perumahan Grand Cikarang City pada setiap Sabtu (7-28/9/19) pagi.

Kepala SWI Islamic School Nur Komariah, S.Pd.I, MM menyebutkan, dengan diklat Tahsin Metode Ummi bagi guru ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas para guru dalam melaksanakan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi siswa-siswi di sekolah,┬áserta dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh para guru dalam mengajarkan membaca Al Quran kepada siswanya terutama dalam metode ummi.

“Kegiatan diklat ini juga sebagai upaya untuk mendorong dan memberi kesempatan bagi para guru untuk meningkatkan ke profesional annya dalam menjalankan tugas sehari-hari dalam proses belajar mengajar serta dapat meningkatkan mutu hasil belajar siswanya dan tentunya dapat menghasilkan output siswa yang handal dalam membaca Al Quran setelah lulus nanti, ” tambahnya.

Adapun tahapan-tahapan yang harus disampaikan oleh guru selama pembelajaran membaca Al Quran dengan metode Ummi yaitu : pembukaan, apeesepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, evaluasi/latihan dan penutup.

Kepala SWI mengungkapkan bahwa melalui proses diklat pembelajaran Ummi bagi guru ini, beliau berharap akan membuat pelaksanaan KBM di sekolah dengan hasil yang semakin lebih baik.

Silakan baca juga: Tips memilih sekolah