Literasi Sebelum Kegiatan Belajar Mengajar

Literasi Sebelum Kegiatan Belajar Mengajar

Oleh: Siti Hodijah, S.Kom

Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, siswa Kelas 5 SDIT Wirausaha Indonesia melakukan kegiatan literasi. Kegiatan ini dilakukan di ruang kelas 5 hari Kamis (05/09/19). Kegiatan literasi yang dilakukan adalah kegiatan membaca.

Literasi sendiri dapat diartikan sebagai kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah. Kegiatan ini dicanangkan oleh pemerintah sejak perubahan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006 menjadi kurikulum K13 (kurtilas). Siswa SWI Islamic School dapat menjadikan kegiatan literasi ini sebagai kegiatan atau sarana untuk melatih kemampuan dalam membaca.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan literasi akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab atau kuis seputar materi yang dibaca. Dalam sesi ini bertujuan untuk menciptakan susana belajar yang lebih aktif yaitu interaksi antara siswa dan guru SWI.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menambah kemampuan siswa SWI dalam membaca, keberanian menyampaikan pendapat atau berbicara dan dapat memahami materi dengan baik”, ujar wali kelas 5

Baca juga: Kenapa harus memilih SDIT Wirausaha Indonesia?