Implementasi Pelajaran Tematik, Gerak Lokomotor Kelas 3 SDIT Wirausaha Indonesia

Implementasi Pelajaran Tematik, Gerak Lokomotor Kelas 3 SDIT Wirausaha Indonesia

Oleh: Iyus Triyanti, S.Pd

Senam pagi  di lapangan lantai 3 SDIT Wirausaha Indonesia (29/8/19). Kegiatan ini merupakan praktek dari pelajaran tematik pada tema 1, Gerak Lokomotor Kelas 3.

Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani khususnya bagi siswa kelas 3 SWI Islamic School. Dengan melakukan gerakan senam yang ritmis dan dinamis, anak secara tidak langsung telah memompa produksi hormon adrenalin. Nah, inilah yang kemudian membuat jantung 
berdetak lebih cepat sehingga anak akan terhindar dari penyakit kardiovaskular. Selain itu, banyaknya otot tubuh yang bekerja saat melakukan gerakan senam akan menurunkan resiko anak mengalami cedera otot atau persendian.

Layaknya jenis olahraga lainnya, senam pagi juga dapat merangsang otak anak untuk melepaskan hormon endorphin. Hormon ini dikenal banyak pihak sebagai hormon yang berfungsi untuk memperbaiki mood, meningkatkan imunitas, mengurangi stres, serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi bagi anak.

Senam pagi ini juga merupakan praktek dari pembelajaran PJOK KD 3.1 (Gerak Lokomotor).

Semua siswa kelas 3 senam pagi bersama dengan semangat dan ceria, secerah mentari yang bersinar. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

“Badanku bugar dan segar sekali membuat aku fokus dan percaya diri ketika pembelajaran di kelas”. Ujar Ilham siswa SWI Kelas 3.

Baca juga: Kenapa sekolah di SWI Islamic School?