Pendidikan Karakter di SDIT Wirausaha Indonesia

Pendidikan Karakter di SDIT Wirausaha Indonesia

Oleh: Yatna Sari

Karena pendidikan adalah hal yang sangat penting. Karena keberhasilan hidup baik di dunia maupun di akhirat memerlukan ilmu. SDIT Wirausaha Indonesia sangat menyadari dan memahami hal tersebut. Salah satu tujuan dari pendidikan adalah membangun karakter peserta didik yang baik dan benar.

Sesungguhnya keberhasilan pendidikan bukan semata pada tinggi atau rendahnya pendidikan formal seseorang, melainkan karkter dan perilaku yang mampu dipraktekkan dalam kesehariannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Beberapa pilar karakter yang harus kita tanamkan kepada para siswa penerus bangsa, diantaranya adalah kejujuran. Di SWI Islamic School, kejujuran adalah hal yang berusaha ditanamkan dengan baik kepada seluruh siswa. Kenapa? Karena kejujuran adalah karakter paling mendasar yang wajib dimilik oleh setiap orang.

“Selain kejujuran, yang juga ditanamkan adalah rasa hormat. Maksudnya adalah siswa wajib memahami perlunya menghormati siapa pun orang-orang di sektarnya. Misalnya, siswa menghormati para gurunya, adik kelas menghormati kakak kelasnya dan lain-lain”. Ujar guru kelas 2 ustadzah Restu.

Walaupun mendidik karakter tidak semudah membalikan telapak tangan, para guru SWI tetap optimis dan selalu berusaha agar siswa memiliki karakter yang mulia, yaitu jujur dan hormat kepada siapa pun. Para guru berusaha dengan sepenuh hati agar siswa memiliki karakter tersebut.

Baca juga: Bagaimana memilih sekolah keren