Kegiatan Munaqosyah Al-Qur’an Juz 30 SDIT Wirausaha Indonesia

Kegiatan Munaqosyah Al-Qur’an Juz 30 SDIT Wirausaha Indonesia

Oleh: Fitri Nur Rahmawati, S.Pd

SWI.sch.idSDIT Wirausaha Indonesia melaksanakan kegiatan Munaqosyah Al-Qur’an Metode UMMI pada hari Sabtu (15/2/20) pagi.

Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi merupakan salah satu mata pelajaran dalam kurilukum SWI Islamic School yang wajib diikuti oleh seluruh siswa. Munaqosyah sendiri adalah ujian akhir siswa yang telah menuntaskan pembelajaran menghafal Al-Qur’an khususnya Juz 30.

Ada beberapa serangkaian dalam kegiatan ini, yaitu dimulai dengan kegiatan Pra-Munaqosyah, Munaqosyah dan puncak acaranya adalah Khataman dan Imtihan.

Pra munaqosyah merupakan persiapan dalam menuju kegiatan munaqosyah seperti memperlancar hafalan Al-Qur’an yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal, 11 Februari 2020. Sesungguhnya pra munaqosyah hanyalah pemantapan, karena siswa setiap hari melakukan hafalan Al-Qur’an dibawah bimbingan guru-guru Ummi SWI.

Kegiatan Munaqosyah kali ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari kelas 5 dan kelas 6. Acara dimulai dari pukul 08.00-12.00 WIB. Pengujinya sendiri merupakan perwakilan pengurus Ummi Daerah Kabupaten Bekasi yaitu Ustadz Dedi Iskandar dan Ustadzah Suci Dwi K.

Teknis ujian Munaqosyah sendiri dibagi menjadi 2 bagian, yaitu ustadz Dedi sebagai penguji 2 dan 4, ustadzah Suci sebagai penguji 1 dan 3. Setiap sesi ujian terdiri dari 3 anak dan yang diujikan adalah membaca surah secara klasikal, dilanjut satu persatu anak,dan yang terakhir adalah sambung ayat.
Ujian ini berjalan sekitar 15 menit untuk per sesinya.

Alhamdulillah seluruh tahapan munaqosyah terlewati dengan baik, siswa-siswi sangat antusias dalam mengikuti setiap tahapan ujian ini sampai selesai.

Puncak dari munaqosyah adalah khataman dan imtihan yang insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal 22 Februari 2020 mendatang. Semoga kegiatan ini juga berjalan dengan lancar seperti halnya kegiatan Munaqosyah di hari ini. Amiin.

“Alhamdulillah kegiatan Munaqosyah hari ini berjalan dengan lancar, mudah-mudahan siswa-siswi SWI menjadi penghafal Al-Qur’an yang bervisi pengusaha muslim, amiin”, tutur ustadzah Nur Komariah S.Pd.I., MM usai kegiatan munaqosyah berakhir.

Baca juga: Guru SDIT Wirausaha Indonesia Ikuti Pelatihan Pembuatan RPP