Serunya Membuat Pigura dari Ranting

Serunya Membuat Pigura dari Ranting

Oleh: Fitri Nur Rahmawati, S.Pd

SWI.sch.id – Hari ini siswa Kelas 1 Abubakar SDIT Wirausaha Indonesia sedang membuat sebuah karya seni dari bahan alam di ruang kelas pada Jumat (15/11/2019) siang.

Siswa bersemangat mengikuti panduan dari ustzh Rahma

Pembuatan karya seni figura dari ranting ini merupakan salah satu materi dalam pembelajaran tematik 4, khususnya pada pelajaran SBdP dengan Kompetensi Dasar 4.4 yaitu “Membuat Karya dari Bahan Alam”.

Bahan-bahan yang digunakan yaitu: Empat bilah ranting kayu, dengan rincian, bilah berukuran 20 cm dan 2 bilah lainnya berukuran 25 cm sehingga membentuk persegi panjang, gunting, lem, kertas karton, tali dan foto keluarga.

Langkah-langkah dalam pembuatannya adalah sebagai berikut: 1. Rangkai ranting kayu menjadi bentuk segi empat. 2. Satukan setiap sudut ranting kayu dengan cara ditali. 3. Siapkan kertas karton berukuran 22 x 27 cm. 4. Tempelkan foto pada kertas karton tersebut. 5. Tempelkan juga rangkaian ranting kayu pada kertas karton tersebut. 6. Figura foto dari ranting kayu sudah jadi dan siap dipasang di dinding.

Walaupun pembuatan figura ini terbilang cukup mudah, ternyata siswa-siswi SWI Islamic School sedikit merasa kesulitan terutama dalam mengikat dan menyesuaikan ukuran ranting dengan foto. Meskipun begitu, mereka tetap bersemangat mengikuti langkah demi langkah proses pembuatannya dengan dipandu oleh ustadzahnya yaitu ustadzah Rahma.

Siswa sudah menyiapkan bahan pigura dari ranting

Kegiatan ini selain untuk memenuhi pembelajaran pada materi tematik juga bertujuan agar siswa-siswi lebih terampil dalam memanfaaatkan bahan-bahan alam di sekitar yang sering mereka jumpai menjadi sebuah karya seni yang tidak kalah indah dari figura-figura modern yang ada sekarang ini.

Setelah figura mereka jadi, tampak sekali wajah-wajah senang dan bahagia terpancar darinya, mereka bangga dengan hasil karya nya sendiri.Hal ini sangat sesuai dengan motto SWI yaitu Mandiri, Kreatif dan Inovatif.

Baca juga: Santunan dan Jumat Berkah SDIT Wirausaha Indonesia

WhatsApp WhatsApp kami