Menumbuhkan Percaya Diri dengan Reward di SDIT Wirausaha Indonesia

Menumbuhkan Percaya Diri dengan Reward di SDIT Wirausaha Indonesia

Oleh: Iyus Triyanti, S.Pd

Berbagai cara guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa. Salah satu caranya adalah dengan memberikan stimulus atau rangsangan berupa reward untuk siswa. Guru memberikan reward ini untuk menumbuhkan sikap percaya diri pada anak, khususnya siswa kelas 3 SDIT Wirausaha Indonesia pada hari Jumat (13/09/19).

Anak yang yang tidak memiliki rasa percaya diri akan mengalami berbagai macam kesulitan dan hambatan dalam proses interaksi sosialnya. Sifat pemalu pada anak akan menghambat mereka untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Cara pertama untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa yaitu dengan memberikan kepercayaan pada anak sehingga mereka akan yakin dengan kemampuannya sendiri. Selain itu juga bisa memberikan kesempatan pada anak untuk bereksplorasi sesuai tahap perkembangannya.

Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak bisa dilakukan dengan memberikan rangsangan dengan cara melatih anak supaya mempunyai keberanian untuk tampil. Contohnya dengan meminta anak untuk menunjukkan kemampuannya seperti menyanyi atau berhitung. Bisa  juga meminta anak untuk mengisi jawaban langsung di papan tulis

“Semangat sekali belajarku, karena selalu diberi banyak kesempatan untuk menulis jawaban dari pertanyaan ustadz dan ustadzah di papan tulis, sebenarnya aku grogi, tapi sekarang tidak lagi.” ujar Taqqiya siswi kelas 3 SWI Islamic School

“Aku juga sama, biasanya jantungku berdebar keras loh, kalau berdiri di depan kelas, tapi sekarang , begitu menyenangkan bila dapat kesempatan yang pertama untuk ke depan kelas” ujar Hulwah siswi SWI kelas 3.