Bimbingan Siswa Secara Tatap Muka di Masa Pandemi

Bimbingan Siswa Secara Tatap Muka di Masa Pandemi

Oleh: Restu Kurniati, S.Pd.

SWI.sch.idSDIT Wirausaha Indonesia saat ini menyelenggarakan Bimbingan Siswa secara tatap muka mulai Senin (31/8/20) sampai dengan Jumat (4/9/20).

Kegiatan bimbingan siswa SWI Islamic School secara tatap muka ini diatur secara hati-hati oleh pihak sekolah. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi semakin meluasnya wabah virus Covid-19. Tentunya kegiatan ini harus memenuhi standar protokol kesehatan sebagaimana yang sudah diatur oleh pemerintah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada pekan pertama setiap bulan dengan sistem shif. Satu hari yang masuk adalah dua kelas, dimana setiap kelas dibagi menjadi dua shif. Jadi setiap kali masuk hanya terdiri dari 12-15 siswa. Jam belajar hanya dua jam. Jarak antara shif satu dengan shif dua adalah satu jam, sehingga kemungkinan terjadi kerumunan pada saat pengantaran dan penjempuan siswa menjadi sangat sedikit.

Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Belajar ini dimulai dari kelas 1 di hari Senin dengan pengaturan nomor absen 1-12 hanya berlangsung 2 jam yaitu pukul 07.00 – 09.00 WIB, kemudian nomor absen 14-26 berikutnya pada pukul 10.00 – 12.00 WIB. Kelas lain juga menggunakan pola yang sama seperti kelas 1 sehingga tidak terjadi penumpukkan siswa-siswi di kelas atau di sekolah. Begitu seterusnya pada hari berikutnya.

Tujuan dari bimbingan siswa secara tatap muka adalah: 1. Siswa kenal dengan guru kelas dan guru lainnya, 2. Siswa semakin memahami materi pelajaran yang selama ini diberikan secara online, 3. Siswa saling mengenal minimal dengen teman sekelasnya dan 4. Agar siswa tidak bosan karene terlalu lama belajar di rumah. Oya, bimbingan tatap muka ini tidak diwajibkan dan pembelajaran online tetap diberikan oleh guru gelas masing-masing.

Diharapkan proses bimbingan belajar ini siswa SWI semakin memahami materi yang telah disampaikan guru baik melalui daring maupun luring. Semoga pndemi segera berakhir dan siswa-siswi dapat belajar di sekolah secara normal kembali.

Baca juga: Peringatan HUT RI ke 75 SDIT Wirausaha Indonesia

WhatsApp WhatsApp kami