Menanamkan Sikap Bersatu dalam Keberagaman SDIT Wirausaha Indonesia

Menanamkan Sikap Bersatu dalam Keberagaman SDIT Wirausaha Indonesia

Oleh: Iyus Triyanti, S.Pd

SWI.sch.id – Menanamkan sikap bersatu dalam keberagaman individu pada anak merupakan sasaran yang sangat penting. Hal ini dikarenakan rasa persatuan akan melahirkan sikap kepedulian sosial yang tinggi, khususnya bagi siswa kelas 3 SDIT Wirausaha Indonesia.

Hari ini Senin (23/9/19) siswa SWI Islamic School sedang melakukan pelajaran praktek dari Pelajaran PPKN.

Saling berbagi

Jika kepedulian sosial sudah tertanam dalam diri siswa, maka mereka akan dengan mudah mempraktekkannya dalam kesehariannya baik di sekolah, di rumah dan lingkungan dimana dia berada. Efeknya adalah lingkungan merasakan manfaat dari keberadaan siswa tersebut.

Setiap individu pastilah terdapat keberagaman baik sikap, tingkah laku kemampuan dan kegemaran. Bila dalam perbedaan tersebut ditanamkan sikap bersatu, maka kehidupan akan lebih selaras, nyaman dan harmonis karena adanya rasa saling menyayangi dan menghargai satu sama lain.

“Senang ya bisa saling berbagi dengan teman-teman”, ujar Daffa siswa SWI kelas 3.

Saling menghargai dalam shalat berjamaah sekalipun berbeda tingkat hafalan

“Aku juga senang, bisa sholat Dzuhur  berjam’ah dengan khusyu, karena kami saling menghargai walaupun hapalan surat kami berbeda”, ujar Satria siswa kelas 3.

“Hatiku juga tenang saat aku membutuhkan pensil karena pensil aku tertinggal di rumah, eeh tidak tahunya ada sahabatku Hulwah yang mau meminjamkan pensilnya padaku”, ujar Taqiyya siswi kelas 3.

WhatsApp WhatsApp kami