Praktek Keterampilan Mata Pelajaran SBdP dengan Pianika Siswa Kelas VI

Praktek Keterampilan Mata Pelajaran SBdP dengan Pianika Siswa Kelas VI

Oleh: Enny Airudayanti, A.Md

SWI.sch.id – SBdP atau Seni Budaya dan Prakarya merupakan salah satu mata pelajaran siswa Sekolah Dasar (SD) yang mempelajari tentang kesenian, kebudayaan dan keterampilan. Pada materi pembelajaran kali iniĀ SeninĀ (2/10/19) siswa kelas 6 SDIT Wirausaha Indonesia mempraktekkan keterampilan memainkan not lagu “Mariam Tomong ” yang berasal dari Tapanuli, Sumatra Utara.

Ada empat siswa yang mempraktikkan di depan kelas yaitu Aulia, Amel, Fahri sebagai pengiring lagu dengan pianika dan Haudy yang menyanyikan lagu “Mariam Tomong”.

Siswa SWI Islamic School sangat bersemangat dengan materi pelajaran yang disertai praktik. Siswa diajar untuk membedakan bunyi nyaring atau lembut, mengenali nada tinggi dan rendah dalam sebuah rangkaian notasi.

Potensi yang dimiliki setiap siswa berbeda-beda, terutama dalam kegiatan belajar. Ada yang aktif bergerak, ada yang senang berbicara, ada juga yang memiliki potensi dalam hal visual. Nilai akademis merupakan sebagian dari potensi yang dimiliki seorang siswa. Di sisi lain, prestasi nonakademis juga tak kalah baik untuk diapresiasi. Seperti visi dari SWI yakni “Mandiri, Kreatif dan Inovatif“.