Menumbuhkan Cinta Ibadah Melalui Mabit Sekolah

Menumbuhkan Cinta Ibadah Melalui Mabit Sekolah

Oleh: Yatna Sari

SWI.sch.idSDIT Wirausaha Indonesia menyelenggarakan kegiatan semesteran, yaitu malam bina iman dan taqwa atau Mabit pada hari Jumat malam Sabtu (4-5/10/19). Rangkaian acara ini dimulai pada hari Jumat pukul 15.00 dan berakhir pada hari Sabtu pukul 06.00.

Beberapa mata acara mabit di antaranya adalah olah raga sore, shalat berjamaah, murajaah, siraham rokhani, shalat tahajjud berjamaah, makan bersama dan olah raga panahan.

Mabit ini merupakan kegiatan yang menyisakan kesan yang mendalam bagi siswa. Setelah selesai menjalani program Mabit, siswa mendapat pengalaman yang luar biasa dan umumnya akan mereka terapkan dalam kehidupan keseharian mereka selanjutnya.

Pengalaman yang sangat berkesan bagi para siswa SWI Islamic School adalah ketika mereka dibangunkan pada dinihari sekira pukul 02.00. Kami melaksanakan shalat salat tahajud dan salat witir berjamaah yang dilanjutkan dengan tausiyah.

Sedikitnya ada 7 manfaat Mabit bagi para siswa, yaitu:

1) Meningkatkan iman dan taqwa siswa. Barakah dan ketenangan jiwa merka dapatkan, karena mereka banyak berzikir, salat tasbih dan amalan-amalan saleh lainnya malam itu benar-benar telah menyadarkan mereka untuk banyak berubah ke arah positif berupa amal saleh dan akhlakul karimah dalam kehidupan mereka di masa mendatang.

2) Lebih mendekatkan diri mereka kepada Allah. Shalat qiyamul lail mereka yang dipandu dan dibimbing guru secara berjamaah, sehingga mereka tidak merasa lelah dan ngantuk. Siswa akan terinspirasi dan termotivasi untuk senantiasa salat tahajud dan memperbanyak istighfar dan zikir-zikir lainnya sebelum salat subuh berjamaah

Suasana mabit kelompok siswa perempuan

3) Menumbuhkan muhasabah (introspeksi diri) bahwa perilaku dan tutur kata mereka yang baik dan mulia selama ini belum dioptimalkan. Mereka banyak mengisi waktunya dengan perbuatan yang sia-sia dan tidak bernilai ibadah

4) Kesempatan melakukan riyadhah (latihan) untuk menjalankan shalat lima waktu di awal waktu dan berjamaah. Juga shalat-shalat sunat rawatib, salat tahajud, salat witir, salat dhuha dan semoga bisa dilaksanakan di hari-hari berikutnya

5) Berupaya menjadi hamba yang selalu taat menjalankan perintah yang wajib dan mengerjakan amalan-amalan sunah dan banyak berzikir serta berdoa kepada Allah Swt. Sebaliknya, menjauhi perbuatan-perbuatan syubhat dan dilarang agama.

6) Pelajar menjadi terbiasa menjalankan salat-salat sunah yang biasa dilakukan Rasulullah SAW

7) Siswa bisa lebih menghargai waktu. Memanajemen waktu kapan saatnya ibadah untuk Allah dan kapan saatnya bermain dan belajar

Kami berharap kegiatan Mabit yang diselenggarakan di SWI ini siswa akan semakin berperilaku yang ber akhlakul karimah, taat menjalankan perintah Allah, cerdas dan bermanfaat banyak untuk orang lain.