Entrepreneurs Day, Kegiatan Menarik di SDIT Wirausaha Indonesia

Entrepreneurs Day, Kegiatan Menarik di SDIT Wirausaha Indonesia

Oleh: Nurfitriani Ahmad

SDIT Wirausaha Indonesia (SWI) menggelar program yang sangat menarik, yaitu kegiatan “Entrepreneurs day”. Kegiatan yang diselenggarakan tiap bulan Maret dan Nopember ini bertempat di aula dan halaman sekolah. 

Kegiatan Entrepeneur day adalah aktivitas wirausaha siswa yang menampilkan produk terbaru dari siswa dan memasarkan produk tersebut. 

Kegiatan ini bertujuan, siswa SWI Islamic School diarahkan untuk membuat produk sendiri, kemudian siswa juga belajar untuk bisa menghitung. Mereka secara tidak langsung siswa diasah dalam menerapkan keterampilan aritmatis atau matematisnya. Selain itu, siswa belajar untuk menawarkan dan memasarkan barang dagangannya. Dalam hal ini siswa di asah keterampilan marketingnya.   

Selain beberapa keterampilan di atas, beberapa nilai dan sifat yang dapat ditumbuhkan dalam diri mereka diantaranya adalah keberanian, ketelitian, pantang menyerah dan karakter lainnya.

“Kegiatan kewirausahaan ini bertujuan untuk membangun dan menumbuhkan jiwa Entrepreneurship atau jiwa kewirausahaan kepada siswa “, tutur Ustadzah Nur Komariah, S.Pd.I, MM selaku kepala SWI

Dalam kegiatan Entrepreneurs day, terjadi proses pembelajaran secara langsung ” learning by doing” atau belajar dengan cara melakukan langsung. Dengan begitu siswa dapat merasakan seluruh proses kegiatan Entrepreneurs day. Kegiatan ini membutuhkan persiapan siswa dalam hal mempersiapkan barang produk yang akan dijual pada event ini. Barang yang akan dijual dapat berupa makanan, minuman, kreasi seni rupa dan lain-lain.

Proses kegiatan ini dilakukan dengan cara bergantian, antara penjual dan pembeli. Kelas 1 sampai dengan kelas 3 berkesempatan untuk menjadi penjual, sedangkan kelas lain dan seluruh warga sekolah menjadi konsumennya.

Seperti itulah sekilas gambaran Entrepreneurs day. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa sebagai bekal di masa yang akan datang.

Baca juga: Bagaimana memilih sekolah yang bagus