Pawai 1 Muharam di SDIT Wirausaha Indonesia

Pawai 1 Muharam di SDIT Wirausaha Indonesia

Oleh: Muhamad Zulkarnain, S.Pd.I

Yayasan SDIT Wirausaha Indonesia (SWI), Jl. Nakula Raya No. 1- 4 Perum. Grand Cikarang City Blok C9 Karangraharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, melakukan kegiatan pawai dalam rangka memperingati 1 Muharram 1441 H yang jatuh pada hari ahad kemarin.  

Pawai digelar pada Senin (2/9/19) pagi di mulai dari depan halaman SWI mengelilingi sebagian perumahan di sekitar SWI.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 1-6 dan dewan guru.  

Sejarah 1 Muharram tahun baru Islam, awalnya ditandai dengan peristiwa besar berupa peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Hal tersebut menjadikan sebuah penamaan kalender Islam.

Sebelum zaman Nabi Muhammad SAW, masyarakat Arab tidak menggunakan sistem kalender tahunan untuk memperingati suatu peristiwa. Mereka hanya menggunakan sistem hari dan bulan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang lahir pada tahun Gajah, masyarakat Arab tidak menggunakan angka dalam menentukan tahun. Para sahabat seperti Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib dan Thalhan bin Ubaidillah berdiskusi untuk menentukan sistem kalender Islam. Dari banyaknya usulan, terpilihlah usulan dari Ali bin Abi Thalib yang mengusulkan kalender Hijriyah Islam dimulai dari persitiwa hijrah Nabi Muhammad SAW. 

Sejarah 1 Muharram singkatnya menjadikan kalender hijriyah sebagai sistem penanggalan sehari-hari dengan menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, hal itu berlaku di beberapa negara mayoritas Islam.  

Pemaknaan bulan Muharram 2019 berawal dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW. Peristiwa hijrah dilakukan merupakan salah satu strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyararakat Mekkah ketika itu.

Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Dan, kini peristiwa hijrah diartikan sebagai pembelajaran nilai kebaikan untuk diri sendiri, seperti berani meninggalkan sesuatu yang buruk yang merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik. 
“Kegiatan ini adalah salah satu momentum bagi siswa untuk selalu berakhlak baik dan terus memperbaiki diri”. ujar kepala SDIT Wirausaha indonesia.  

Pawai berlangsung mulai pukul 08.00 sampai pukul 09.00. Guru- guru dan siswa sangat gembira  dengan kegiatan pawai peringatan 1 Muharram ini. “Seru ustadz, tahun depan ada lagi kan?”. Kata Sabil kelas 4. 

Baca juga: Tips memilih sekolah keren

Baca : Tips memilih sekolah yang terbaik