Kebuli, Salah Satu Olahan Daging Qurban

Kebuli, Salah Satu Olahan Daging Qurban

Qurban Sekolah merupakan agenda rutin tahunan SDIT Wirausaha Indonesia yang beralamat di Jl. Nakula Raya No.1-4 Perum. Grand Cikarang City Blok C9. Senin, 12/8/2019(11 Dzulhijjah 1440H) pagi.

Yang paling menarik dari qurban sekolah adalah selain daging qurban dibagikan ke masyarakat sekitar lingkungan sekolah khususnya fakir miskin, daging qurban juga diberikan kepada siswa SDIT Wirausaha Indonesia dalam bentuk olahan makanan siap saji yang dimasak secara mandiri oleh orang tua setiap kelas.

Setiap tahunnya orang tua siswa bersama-sama berkumpul memasak daging qurban dengan senangnya. Bunda Hanzalah salah satu orang tua siswa kelas IV berujar ternyata memasak bareng itu menyenangkan ya, jadi tambah saudara. “Iya hati terasa bahagia ketika kita berkumpul karena Allah”. kata bunda Fathan salah satu orang tua siswa kelas I yang rumahnya ketempatan memasak.

Kali ini varian menu yang mereka buat, kelas 1 memilih menu sop daging, kelas 2 & 3 semur daging, kelas 4 & 6 menu nasi kebuli. Sedangkan kelas 5 memilih untuk membagikan daging qurbannya ke lingkungan sekitar sekolah.

Apapun pilihan masakannya, Insha Allah semua mempunyai niat yang mulia. Karena hakekatnya qurban adalah hewan yang disembelih bagi manusia untuk menjadi lebih dekat dengan kasih sayang Allah SWT. Dalam fiqh qurban disebut “udhiyya” yang berarti hewan yang disembelih saat Idul Adha. Oleh karena itu qurban adalah salah satu ibadah yang mendekatkan diri seseorang kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Waallahu a’lam bishshawab. (Nur Komariah)