Tidak Ada yang Tidak Mungkin

Tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup ini. Kalimat tersebut sering saya ulang baik ketika saya mengajar di hadapan mahasiswa maupun ketika ngobrol dengan orang-orang yang sedang membangun impian dan berburu inspirasi.

Kenapa tidak ada yang mustahil? Iya karena Allah subhanahu wa ta’ala sendiri sudah berjanji dalam Al-Qur’an, sebagaimana dalam firmanNya Surat Al-Baqarah ayat 186:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ‌ۖ أُجِيبُ دَعۡوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ‌ۖ فَلۡيَسۡتَجِيبُواْ لِى وَلۡيُؤۡمِنُواْ بِى لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُونَ

Artinya: “Dan apabila bamba-bamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Dalam SuraAl-Mu’min (40) ayat 60, Alloh SWT berfirman: Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.

Dan masih banyak ayat dalam Al-Qur’an yang menergaskan bahwa manusia boleh bermimpi yang besar, kemudian berikhtiar dengan kesungguhan dan Alloh lah yang akan memenuhi ikhtiar dan aoa-doa kita.

Silakan bermimpi, jangan takut dengan kondisi dan keadaan kita hari ini. Ingat pepatah! Tidak penting sekarang ada di mana, yang penting adalah di mana kita akan Sampai…